Pinjal Anjing
Artikel Des 2021

Cara Mudah Atasi Pinjal Anjing yang Baru Anda Adopsi di Masa Pandemi

Tren memelihara hewan peliharaan seperti anjing mengalami peningkatan di masa pandemi Covid-19. Hal ini terbukti dari meningkatnya pencarian keyword ‘adopsi hewan peliharaan’ hingga 250%. Akan tetapi, tak semua orang siap memelihara anjing, termasuk saat mereka harus mengatasi kutu atau pinjal anjing yang mengganggu.
Pinjal Anjing
Pinjal Anjing

Pinjal Anjing

Keberadaan pinjal pada hewan peliharaan memang tak bisa dihindari. Kecepatan reproduksi pinjal pun harus Anda antisipasi. Diketahui seekor pinjal betina mampu menghasilkan 5-7 telur per hari. Kemudian, telur akan menetas dalam 2-3 minggu, sebelum akhirnya larva merangkak dan makan dalam jangka waktu 2 minggu di lingkungan lembap. Setelah itu, pinjal akan membangun pupa dan butuh waktu selama sepuluh hari untuk tumbuh dewasa.

Siklus pinjal bisa dihentikan dengan memberikan perawatan yang memadai kepada anjing yang baru diadopsi. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menerapkannya?

 

Faktor penyebab pinjal muncul pada anjing

Sebelum membahas pembasmian pinjal pada anjing, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab munculnya pinjal pada anjing, antara lain:

  • Pinjal dari lingkungan luar rumah. Apakah anjing Anda tipe yang senang beraktivitas di luar rumah (outdoor dog)? Halaman merupakan salah satu tempat perpindahan pinjal, entah dari anjing lain yang lewat dekat rumah Anda atau mungkin dari taman perumahan.
  • Tamu yang berkunjung. Kerabat keluarga, teman, tetangga, atau pekerja tertentu yang mampir ke rumah dan melakukan kontak dengan anjing bisa secara tak sengaja menularkan pinjal dari pakaian atau hewan peliharaan yang mereka bawa.
  • Tempat grooming. Membawa anjing ke tempat grooming terdengar aman, apalagi kalau orang-orang yang bekerja di sana sudah terlatih. Namun, risiko seperti penularan pinjal bisa saja terjadi kalau kebersihan fasilitas di sana kurang terjaga.
  • Pemilik anjing sendiri. Ya, sebagai pihak yang mengadopsi anjing, Anda bisa menjadi penyebab penularan pinjal, terutama kalau Anda sering melakukan kontak dengan hewan peliharaan lain. Untuk itu, Anda harus ekstra hati-hati setelah mengadopsi anjing.

 

Cara Mudah Mengatasi Pinjal Anjing di Rumah

Setelah mengetahui faktor penyebab munculnya pinjal pada anjing, Anda akan lebih mudah dalam menentukan cara mengatasinya. Sebagian besar orang biasanya akan memakai produk seperti obat anti kutu khusus anjing yang bisa diperoleh di pet shop atas rekomendasi dokter hewan.

Namun, Bagaimana kalau anjing yang Anda adopsi kurang menyukai produk tersebut? Dalam hal ini, Anda bisa mengandalkan Nexgard, produk pembasmi pinjal yang diproduksi dalam tablet kunyah. Bahkan diberikan perasa daging yang disukai hewan peliharaan.

 

Selain dengan Nexgard, Anda juga sebaiknya melakukan hal-hal berikut untuk menekan kemunculan pinjal dan penularan penyakit membahayakan, antara lain:

  1. Mandikan anjing secara berkala

Jika anjing Anda tipe yang nyaman dimandikan dan tak terganggu dengan shampoo atau produk perawatan lain, maka memandikannya adalah cara termudah untuk membasmi pinjal. Gunakan air hangat supaya mereka betah saat dimandikan. Adapun anjuran untuk merawat anjing dengan cara ini adalah sekitar satu bulan sekali.  (Perhatikan juga bagaimana reaksi anjing setelah melewati tahap ini sebelum menjadikannya rutinitas).

  1. Usir pinjal anjing dengan sisir

Seperti pada manusia, mengatasi pinjal pada anjing dapat Anda atasi dengan sisir kutu. Alat ini biasanya memiliki gigi yang jaraknya cukup sempit untuk menjebak pinjal, bahkan telur-telurnya sebelum menetas dan tumbuh. Selain itu, sisir kutu untuk hewan peliharaan didesain khusus untuk menghilangkan kotoran pinjal yang bentuknya berupa bintik cokelat atau kehitaman. Anda bisa melakukan langkah ini sebelum atau sesudah memandikan anjing.

  1. Biarkan anjing merawat dirinya sendiri

Salah satu alasan Anda tak boleh terlalu sering memandikan anjing adalah karena mereka bisa merawat dirinya sendiri. Namun, Anda juga harus memperhatikan mereka saat mandi sendiri (grooming), karena tak jarang anjing sampai menggigit atau mengunyah kulit untuk mengusir pinjal anjing. Jika terus dibiarkan, hal tersebut akan menyebabkan overgrooming dan memicu infeksi pada kulit. Segera hubungi dokter hewan atau vet sebelum kondisinya semakin parah.

  1. Bersihkan kandangnya secara teratur

Apa anjing Anda punya kandang untuk tidur? Kandang bisa menjadi tempat berkembang biak pinjal kalau jarang Anda bersihkan. Untuk mencegahnya, jadwalkan waktu untuk melakukan pembersihan menyeluruh pada kandang anjing. Langkah tersebut pun bakal membuat hewan peliharaan nyaman beristirahat karena tak ada gangguan pinjal. Selain itu, kandang juga tak terlalu lembap, sehingga pinjal tak betah di sana.

  1. Jaga juga kebersihan rumah Anda

Anjing yang Anda pelihara pastinya akan berkeliling rumah setelah mampu beradaptasi di lingkungan barunya. Maka dari itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh, termasuk sudut-sudut ruangan atau space yang sering ditempati anjing. Langkah ini bukan hanya menguntungkan untuk hewan peliharaan, tetapi juga bagi Anda sebagai pemilik baru mereka yang bertanggung jawab.

 

Pastikan Anjing Tetap Nyaman Setelah Anda Adopsi

Mengatasi pinjal adalah salah satu cara untuk membuat anjing adopsi nyaman di rumah. Karena anjing baru masuk ke lingkungan berbeda, Anda harus memastikan mereka diterima dan merasa dicintai. Caranya pun mudah, seperti yang bisa Anda simak berikut:

  • Bawa jalan-jalan ke taman dekat rumah

Di masa pandemi, Anda mungkin belum bisa mengajak anjing jalan-jalan ke tempat wisata. Namun, Anda dapat memberikan kebebasan dengan mengajaknya jalan-jalan ke taman dekat rumah, apalagi kalau di sana ada anjing-anjing lain yang senang bermain. Meski begitu, pastikan Anda menjaga kebersihannya setelah pulang ke rumah, ya.

  • Siapkan tempat tidur terbaik untuk anjing

Menyiapkan tempat tidur bisa menjadi hal tricky, terutama kalau anjing sudah terlalu lama menetap di kandang yang kurang nyaman. Anda bisa mulai dengan kursi atau sofa, lalu berikan bantal dan lihat preferensi mana yang anjing jadikan tempat tidur terbaik. Jangan paksakan mereka tidur di tempat yang menurut mereka kurang sesuai dengan preferensinya.

  • Pelajari teknik memijat anjing

Seperti manusia, anjing juga senang dipijat. Anda bisa lihat beberapa video tutorial pijat yang diaplikasikan pada anjing peliharaan. Pijatan lembut dan penuh perhatian akan membuat anjing nyaman selama berada di rumah, khususnya kalau mereka tipe yang suka jalan-jalan. Mulai secara perlahan sampai mereka terbiasa dengan sentuhan Anda.

  • Pastikan Anda tetap di dekatnya

Sejumlah anjing kurang suka dipeluk, tetapi beberapa jenis suka dengan cuddling. Anda mungkin butuh waktu sampai mereka mempersilakan Anda melakukan kontak untuk memastikan bahwa pemilik barunya dapat dipercaya dan mampu memberikan perlindungan. Membiarkan anjing tidur bersama adalah salah satu langkah yang akan membangun kasih sayang dan kepercayaannya.

Demikian tips mudah mengatasi pinjal anjing hingga membuat anjing yang Anda adopsi nyaman beraktivitas di rumah. Semoga Anda dan anjing kesayangan dapat melewati masa pandemi bersama dengan penuh cinta