Kutu Anjing
Artikel Des 2021

Basmi Kutu Anjing dengan Obat dan Cara-Cara Ini

Hidup bersama dengan hewan peliharaan anjing dalam satu rumah memang menyenangkan. Anda dapat menjadikan mereka sebagai teman bermain yang menggemaskan. Namun, memelihara anjing atau hewan berbulu bukanlah tanpa masalah. Ada satu masalah yang cukup sering dialami oleh anjing peliharaan, yakni kutu di tubuh mereka. Jadi, Anda harus rajin untuk merawat dan memberikan obat kutu agar anjing Anda terhindar dari infeksi kutu. 
Kutu Anjing
Kutu Anjing

Kutu Anjing

Menjaga kesehatan tubuh anjing peliharaan pun akan bermanfaat sekali untuk Anda sendiri nantinya. Kutu-kutu pada bulu anjing jadi tak akan tersebar pada manusia karena dapat menyebabkan gatal akibat gigitan kutu.

NexGard adalah salah satu obat pembasmi kutu hewan seperti anjing yang terbaik dan ampuh. Tak heran jika banyak direkomendasikan oleh dokter hewan. 

 

NexGard, Obat Kutu yang Ampuh pada Anjing

Seperti yang sudah disebutkan bahwa NexGard adalah salah satu obat terbaik dan ampuh untuk basmi kutu hewan. Produk satu ini dikemas dalam bentuk tablet dan mempunyai rasa daging sapi.

NexGard dapat diberikan pada anjing yang sudah mencapai usia 8 minggu dan telah mempunyai bobot badan minimal 2 Kg. 

Obat NexGard dapat membasmi kutu pada bulu-bulu anjing yang dapat menyebabkan bintik merah di kulit dan rasa gatal. Satu bungkus NexGard ada 3 tablet kunyah. Tiap satu tablet dapat melindungi hewan peliharaan Anda sampai sekitar satu bulan. 

Sebagai tambahan, produk ini pun telah digunakan dan direkomendasikan oleh banyak dokter hewan. Lebih hebatnya, produk ini telah mendapatkan izin edar di Indonesia dari Kementrian Pertanian.

 

Cara-Cara Ampuh Hilangkan Kutu Anjing

Selain menggunakan obat pembasmi kutu, menghilangkan kutu pada anjing dapat dilakukan dengan beberapa cara lain. Nah, untuk langkah pengobatan yang pertama, Anda bisa coba tips berikut ini:

  • Memahami Siklus Kutu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami siklus kutu terlebih dulu. Apalagi, perawatan kutu setiap jenisnya berbeda. Perlu untuk Anda ketahui, seekor kutu betina dapat menghasilkan per harinya 5 – 7 telur kutu. Setelah kurang lebih 2 hingga 3 minggu, telur tersebut akan menetas dan berubah jadi larva kutu serta dapat mulai untuk makan sampai 2 minggu di lingkungan lembap. Lalu di suhu lembap, larva itu akan berubah menjadi pupa yang berpotensi untuk berkembang biak setiap hari.

  • Menggunakan Sisir Khusus untuk Kutu

Anda membutuhkan sisir yang berbeda, sisir kutu yang bentuknya kecil dengan jarak gigi-gigi sisir rapat. Pastikan Anda secara teratur dan rutin menyisir bulu anjing untuk bantu kurangi telur serta kotoran kutu pada tubuh anjing. Utamakan di bagian ekor dan leher anjing karena bagian itu adalah area terentan yang dihinggapi kutu.

  • Menjaga Kebersihan Kandang Anjing

Tak hanya di tubuh Anjing, Anda pun perlu untuk pastikan tempat tidur serta mainan mereka selalu dalam keadaan yang bersih. Selain itu, Anda dapat mencoba mulai menjadwalkan waktu pembersihan dan cuci kandang supaya tetap bersih dan tak lembap.

  • Gunakan Shampoo Anti Kutu

Anda memerlukan shampoo khusus untuk basmi kutu di tubuh anjing. Setelah bilas shampoo menggunakan air hangat, kutu di tubuh mereka biasanya akan segera mati serta berjatuhan. Namun, Anda tetap membutuhkan kombinasi produk-produk perawatan kutu lainnya dikarenakan efek shampoo yang cepat hilang setelah penggunaan beberapa hari. 

  • Membatasi Frekuensi Anjing Keluar Ruangan

Selama proses pemulihan, Anda harus kurangi frekuensi anjing Anda keluar rumah untuk beberapa waktu. Hindarkan anjing dari rerumputan tinggi karena wilayah itu rawan sekali ditemukan kutu. Selain itu, Anda pun harus jauhkan anjing dari anjing asing supaya teman bermain mereka bebas kutu serta cegah timbulnya infeksi yang baru di anjing peliharaan milik Anda. 

  • Membersihkan Rumah dengan Rutin

Selain rutin membersihkan kandang anjing, Anda juga perlu untuk perhatikan kondisi dari rumah supaya selalu terjaga kebersihannya. Faktanya, kutu tak hanya akan serang hewan peliharaan Anda, tapi juga dapat berpindah di manusia lalu timbulkan masalah kesehatan. 

Selama anjing terinfeksi oleh kutu, pastikan jika Anda mencuci peralatan seperti sprei, karpet, selimut, keset kamar mandi, dan area-area lain yang disukai oleh anjing Anda dengan memakai air panas. Lalu, Anda bisa melakukan vacuum untuk bersihkan kutu pada area rumah supaya tak menular ke manusia. Pastikan juga Anda bersihkan jok mobil atau kendaraan yang sering diduduki oleh anjing peliharaan. 

Memelihara anjing di rumah, Anda tidak hanya perlu merawat dan menjaga kesehatannya, akan tetapi Anda pun perlu membuatnya bahagia. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat mereka bahagia. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti:

 

Cara-Cara Membuat Anjing Bahagia

  • Memberikan Perhatian

Tunjukkan perhatian Anda pada anjing peliharaan dengan lakukan beberapa hal kecil padanya, misalnya mengelus kepala, mengelus perut, ataupun hanya memeluknya. Hal ini akan buat mereka merasa lebih dicintai dan aman. 

  • Membawa Mereka dalam Perjalanan Panjang

Cobalah untuk bawa anjing Anda dalam perjalanan panjang. Biarkan mereka menghirup udara segar. Anda pun dapat membawanya memakai motor dengan hati-hati. Biarkan mereka terkena sinar matahari serta menikmati semilir angin. 

  • Biarkan Bebas

Jangan membatasi atau menahan ruang gerak anjing peliharaan. Biarkanlah mereka bebas, bermain di halaman atau sekitar rumah. Termasuk tak memasang tali di leher mereka. 

 

Nah, demikian pembahasan tentang bagaimana cara membasmi kutu anjing yang bisa Anda lakukan. Ingat untuk memakai obat kutu yang terbaik dan ampuh seperti NexGard agar kutu-kutu yang bersarang di tubuh anjing cepat hilang.